logo



4

Sabtu, 19 Agustus 2017 | Sesuai surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 795/SEK/HM.01.2/08/2017 tanggal 11 Agustus 2017 perihal Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-72 yang ditujukan kepada para Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan Upacara Bendera pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017.

Upacara bendera dilaksanakan tepat pukul 07. 30 WIB di halaman Kantor Pengadilan Agama Manna Kelasa II. Upacara HUT MA RI ke-72 ini merupakan gabungan dari Pengadilan Negeri Manna dan Pengadilan Agama Manna dengan mengenakan pakaian olahraga. Ketua Pengadilan Agama Manna Drs. Syazili, S.H.,M.H bertindak sebagai Inspektur Upacara, sebagai komandan upacara Bapak Astawi, S.H Wakil Panitera PN Manna, M. Amin, S.H.I Panitera Pengganti PA Manna sebagai pembaca doá dan Nur Hasanah, A.Md Staf Umum dan Keuangan PA Manna sebagai pembaca Visi dan Misi Mahkamah Agung.

1

Acara memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-72 ini berjalan sesuai dengan susunan acara sebagaimana telah ditetapkan dalam surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 795/SEK/HM.01.2/08/2017 tanggal 11 Agustus 2017. Setelah laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan menghiningkan cipta, pembacaan visi dan misi Mahkamah Agung. Kemudian diteruskan dengan pembacaan amanat Ketua Mahkamah Agung RI yang langsung dibacakan oleh Ketua Pengadilan Agama Manna.

3

Dalam amantnya yang bertemakan “ Dengan Badan dan Jiwa yang sehat, Kita Wujudkan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung” Ketua MA RI menyampaikan bahwa keseimbangan antara tugas rutin dan kebugaran raga dalam melaksanakan amanah sangatlah penting, agar aparatur peradilan dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Setelah pembacaan amanat Ketua MA RI dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh M. Amin S.H.I dan acara penutup.

2

Setelah upacara selesai dilaksanakan, seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Negeri Manan dan Pengadilan Agama Manna berkumpul untuk melakukan sesi foto bersama demi sebuah kebersamaan dan kekompakan antar dua lembaga peradilan tersebut. Dan dilanjutkan dengan berolahraga bersama dengan diadakan pertandingan pertandingan Voly.

{KIM}


2

Manna – 17 Agustus 2017 | Sebagai wujud kecintaan warga peradilan Agama Manna kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia, Pengadilan Agama Manna ikut memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa dan Negara Indonesia yaitu Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2017.

DSCN0723

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 kali ini mengambil tempat di halaman kantor Pengadilan Agama Manna Kelas II, dengan diadakannya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih. Upacara bendera tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB yang diikuit oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Manna, mulai dari Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsonal, Staf dan honorer.

4

Pada HUT RI ke-72 dengan Tema “Indonesia Kerja Bersama” yang menjadi Inspektur Upacara adalah Ketua PA Manna Bapak Drs. H. Syazili, S.H., M.H, sebagai Komandan Upacara adalah Hamdani Hakim, S.Sy, Pembacaan doá dipimpin oleh M. Amin, S.H.I, serta yang mengibarkan bendera merah putih adalah Thomas Yandi, Yuriska Anggelina, S.Sos & patih Kurniawan. Acara upacara peringatan HUT RI ke-72 ini berjalan dengan dengan khidmat dan tertib hingga selesai.

3

Setelah Upacara Bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 dilaksanakan. Dilanjutkan dengan acara Penyematan Piagam Penghargaan Satya Lencana Karya Satya oleh Ketua PA Manna kepada pegawai Pengadilan Agama Manna yang telah berbakti selama ini kepada NKRI, khususnya di PA Manna. Dengan diterimanya penghargaan ini dapat menjadikan contoh dalam menunjukan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

1

{KIM}

DSCN0625

PA-MANNA.GO.ID – Jum’at, 28/07/2017 Sehubungan dengan keluarnya hasil rapat tim promosi mutasi (TPM) Mahkamah Agung RI tertanggal 19 Juli 2017. Dan 2 orang Hakim Pengadilan Agama Manna masuk dalam daftar TPM tersebut, tidak tanggung-tanggung Ketua (Drs. H. Syazili, S.H.,M.H) dan Wakil Ketua (Ahmad Bisri, S.H.,M.H) PA Manna masuk sekaligus dalam daftar TPM Mahkamah Agung RI tersebut.

Sebagaimana biasanya apabila ada pejabat/Hakim Pengadilan Agama Manna yang terkena mutasi promosi, maka akan diadakan pertandingan tenis antara karyawan/I Pengadilan Agama Manna yang bertajuk TPM Cup. Pada hari jumát 28 Juli 2017 pembukaan TPM Cup tahun 2017 telah dilaksanakan dengan dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Manna.

DSCN0630

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Manna menyampaikan bahwa TPM Cup ini merupakan TPM Cup yang kedua kalinya di tahun 2017 ini. Dan beliau mengharapkan kepada seluruh pegawai PA Manna untuk ikut berpartisipasi serta memeriahkan pertandingan tenis ini asalkan tidak mengganggu tupoksi masing-masing sebagai pegawai. Pertandingan ini tentunya sangat menarik, bukan saja karena hadiah bagi sang juara nantinya, namun juga karena antusiasnya para peserta dalam mengikutinya.

DSCN0631

Acara TPM Cup kali ini diikuti oleh peserta yang merupakan pegawai Pengadilan Agama Manna terdiri dari 16 orang laki-laki (8 pasang) dan 12 orang perempuan (6 pasang). Semua peserta tersebut telah mendapatkan pasangan masing-masing yang diundi dengan adil oleh Ketua PTWP cabang Manna yaitu Bapak, Fahri Hamzah Rifai, S.H.I (Hakim Pengadilan Agama Manna).

DSCN0634

Dengan adanya TPM Cup ini tentunya dapat terus mempererat tali silaturrahim dan ukhuwah bagi seluruh pegawai PA Manna, terutama kepada Bpk, Drs. H. Syazili, S.H.,M.H dan Bpk. Ahmad Bisri, S.H.,M.H walaupun dalam waktu dekat ini mereka akan meninggalkan PA Manna dan akan pindah tugas ke tempat lain. Dan semoga ini menjadi kenang-kenangan manis bagi PA Manna dari beliau berdua.

{KIM}



DSCN0574

PA-MANNA.GO.ID – Setelah beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Mei tahun 2017 Pengadilan Agama Manna mengadakan sidang keliling/sidang di luar gedung. Kini PA Manna kembali melaksanakan sidang di luar gedung (sidang itsbat nikah terpadu) di Kecamatan Kedurang ilir. Hal ini berdasarkan dengan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Manna Nomor : W7-A2/909/HK.05/7/2017 Tentang Susunan Tim dan Jadwal Sidang Keliling Pengadilan Agama Manna Kelas II Di Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2017.

2

Pada sidang itsbat nikah terpadu kali ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2017. Tim sidang keliling PA Manna di kabupaten Kedurang Ilir beranggotan 16 orang yang terdiri dari Hakim, Panitea & Panitera Pengganti, Editor serta pegawai Pengadilan Agama Manna yang lainnya sesuai yang tertera di dalam Surat Keputusan Ketua PA Manna.

Pelaksanaan sidang keliling di Kabupaten Kedurang Ilir ini dilaksanakan jam 08.00 WIB sampai dengan selesai dan kegiatannya bertempat di Kantor Camat Kedurang Ilir. Perkara yang masuk dalam sidang itsbat nikah terpadu di Kecamatan Kedurang Ilir ini berjumlah 53 perkara. Dari hasil sidang 53 perkara tersebut dapat dirincikan sebagai berikut yaitu 52 perkara dikabulkan dan 1 perkara ditolak.

1

Pelaksanaan sidang itsbat nikah terpadu di Kecamatan Kedurang Ilir terlaksana dengan lancar dan sukses. Semua ini tak terlepas dari kerjasama dan kekompakan tim sidang keliling yang ditunjuk pada hari tersebut. Setelah mendapatkan salinan penetapan para pencari keadilan dapat langsung mengurus penerbitan buku nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedurang Ilir. {KIM}

2

PA.Manna.go.id – dalam seminggu ini, tepatnya hari Senin, 24 Juni 2017 dan Selasa, 25 Juni 2017 merupakan hari yang sangat berbahagia begi Majelis A dan Majelis C2 Pengadilan Agama Manna. Hal ini dikarenakan Mejelis tersebut di atas berhasil mendamaikan perkara-perkara cerai gugat.

Pada hari Senin, 24/07/2017 Mejelis C2 yang diketuai oleh Ahmad Ridho Ibrahim, S.H.I.,M.H dengan hakim anggota Sudiliharti, S.H.I dan Fahmi Hamzah Rifai, S.H.I berhasil mendamaikan perkara cerai gugat yang terdaftar di PA Manna dengan nomor perkara 0336/Pdt.G/2017/PA.Mna pada tanggal 06 Juni 2017.

Kemudian pada hari berikutnya Selasa, 25/07/2017 Hakim PA Manna kembali berhasil mendamaikan para pihak yang berperkara dalam perkara cerai gugat dengan nomor perkara 0304/Pdt.G/2017/PA.Mna. Perkara ini ditangani oleh Majelis A yang diketuai oleh Ketua PA Manna Drs. H. Syazili, S.H.,M.H yang beranggotakan Sudiliharti, S.H.I dan Fahmi Hamzah Rifai, S.H.I.

1

Keberhasilan dalam mendamaikan para pihak berperkara ini merupakan suatu kebanggaan bagi para hakim yang menyidangkan perkara tersebut. Sebagaimana biasanya kalau perdamaian para pihak di tempuh melalui proses mediasi, namun kali ini berbeda, karena keberhasilan mendamaikan para pihak berpekara dilakukan di ruang sidang.

Tentunya hal ini dikarenakan para hakim yang menangani perkara tesebut dengan tenang dan sabarnya berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan para pihak dengan siraman rohani yang menyejukkan keduanya untuk menyelesaikan perkara dalam keluarganya dengan jalan kekeluargaan. Namun selain itu juga karena ada I’tikad baik dari para pihak untuk memperbaiki hubungan dalam keluarganya. Bagaimanapun perceraian bukanlah sesuatu jalan terbaik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan keluarga.

Dengan damainya para pihak tersebut kita patut mengapresiasi kinerja para hakim Pengadilan Agama Manna yang telah berjuang untuk merukunkan kembali keluarga tersebut. Sehingga dengan damainya itu juga tidak ada pihak yang merasa kalah ataupun menang. Dan semoga para pihak tetap rukun dalam menjalani kehidupan berkeluarganya dan jauh dari kata perceraian. Aamiin

{KIM}

sipp-bkl

PA.MANNA.GO.ID – Manna (24/07/2017) Pengadilan Agama Manna patut bersyukur dan bangga atas hasil kinerja para pegawainya, terutama yang bersangkutan dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Mahkamah Agung RI. Sebagaimana diketahui bahwasanya aplikasi SIPP ini sangat menunjang kinerja PA Manna dalam mengupdate data-data perkara.

Data-data perkara yang masuk pada SIPP ini harus selalu update sesuai dengan proses perkara itu sendiri. Tak hanya update setiap saat, SIPP ini juga harus valid data-data yang di masukan di dalamnya. Nah, data-data yang telah disajikan di dalam SIPP ini apabila data-datanya telah valid dan akurat, maka akan ditandai dengan warna hijau, namun apabila datanya tidak valid dan tidak akurat, maka akan berwarna merah sebagai tandanya.

Pengadilan Agama Manna sebagaimana telah dikonfirmasikan melalui website PTA Bengkulu, bahwa SIPP PA Manna berada dalam zona hijau. Hal itu berarti SIPP PA Manna data-datanya telah valid dan akurat. Serta sinkroniasi SIPP PA Manna bahkan telah mencapai 79, 51 % per tanggal 24/07/2017 melebihi penanganan perkara di Pengadilan Agama lainnya di wilayah PTA Bengkulu.

Dengan capaian yang memuaskan ini Hatiwasda PA Manna H. Sudirman Cik Ani sangat mengapresiasi dan bangga dengan kinerja PA Manna dalam mengelola SIPP. Beliau mengatakan melalui Website PTA Bengkulu : “Saya bangga PA Manna telah sikronisasi pada SIPP dan penanganan perkara mencapai 79,51%”.

Semoga dengan capaian yang cukup memuaskan ini, menjadi dorongan agar kinerja Pengadilan Agama Manna secara keseluruhan dan terkait SIPP secara khususnya untuk terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Dan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Manna untuk tetap kompak serta terus bekerja sama dalam mewujudkan PA Manna yang agung dan menjadi kebanggaan kita semua.

download

PA-Manna.go.id – Manna (13/07/2017) Alhamdulillah, ada kabar gembira bagi warga indonesia yang ingin menjadi Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung (Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara). Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengumunkan tentang penerimaan Calon Hakim melalui laman websitenya https://www.menpan.go.id, website SSCN Badan Kepegawaian Negara https://sscn.bkn.go.id dan pada website Mahkamah Agung RI di laman https://www.mahkamahagung.go.id pada tanggal 11 juli 2017. Pengumuman Penerimaan Calon Hakim Di Lingkungan Mahkamah Agung RI

DSCN0434

PA-MANNA.GO.ID – Senin, (03/07/2017) suasana di kantor Pengadilan Agama Manna kembali terlihat ramai, parkir kendaraan yang biasanya kosong, kini dipenuhi dengan kendaraan roda dua dan empat. Ruangan yang biasanya sepi, kini mulai ramai kembali dengan para karyawan/I PA Manna. Ini semua tak lain dan tak bukan karena hari ini merupakan hari pertama masuk kerja setelah seminggu lebih mendapatkan cuti bersama dalam rangka Hari Raya idul fitri 1438 H.

DSCN0439

Mengawali hari pertama masuk kerja pada hari senin ini, seluruh pegawai Pengadila Agama Manna melakukan kegiatan rutinitas seperti mana biasanya. Pelaksanaan apel pagi hari ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Manna (Drs. H. Syazili, S.H., M.H) dan diikuti oleh seluruh pegawai PA Manna, mulai dari unsur pimpinan hingga tenaga honorer.

Dalam sambutannya, ketua PA Manna mengucapkan selamat berkeja kembali kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Manna setelah beberapa hari merayak idul fitri di kampung halaman masing-masing. Beliau juga mengharapkan setelah ramadhan berlalu dan syahwal pun tiba, agar semangat beribadah dan kinerja semakin meningkat.

DSCN0442

Setelah pelaksaan apel pagi, seluruh pegawai Pengadilan Agama Manna langsung melakukan halal bi halal dengan saling maaf-memaafkan satu dengan yang lainnya. Kegiatan halal bi halal ini dilakukan dengan sederhana namun sarat makna dan manfaat. Semoga dengan saling maaf-memaafkan ini terus mempererat hubungan silaturrahim antar pegawai PA Manna serta terus menjaga kekompakan di semua lini dalam mewujudkan PA Manna yang agung.

DSCN0443-horz

Dalam kesempatan ini juga kami keluarga besar Pengadilan Agama Manna mengucapkan Minnal aidin wal faizin, Mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh keluarga besar Mahkamah Agung Republik Indonesia, seluruh keluarga besar peradilan seluruh Indonesia serta kepada masyarakat selaku para pencari keadilan. {TIM IT – KIM}

DSCN0433

Pa-manna.go.id – Selasa, (20-06-2017 M / 25 Ramadhan 1438 H) Keluarga besar Pengadilan Agama Manna mengadakan kegiatan buka bersama. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh PA Manna di bulan Ramadhan. Rangkaian kegiatan buka bersama ini dimulai pukul 17.00 WIB yang bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Manna.


page 2

Pada buka bersama (bukber) kali ini, Pengadilan Agama Manna mengundang seorang penceramah/ustadz untuk mengisi tausiyah sebelum waktu berbuka tiba. Setelah penyampaian tausiyah dilanjutkan dengan acara berbuka bersama, kemudian melaksanakan sholat maghrib berjamaah di Mushola Baitul ‘Adli PA Manna dan diteruskan dengan santap malam bersama.

Kemudian setelah melaksanakan sholat isya, tarawih dan witir berjamaah di mushola, Pengadilan Agama Manna juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu yang berasal dari Yayasan Raudatul Ummah Manna. Pemberian santunan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, sebagai bentuk rasa saling mengasihi, saling membantu dan tentunya merupakan ajuran Rasulullah Saw.

page 1

Penyerahan santunan diserahkan secara langsung oleh pimpinan PA Manna yang didahului oleh Ketua PA Manna (Drs. H. Syazili, S.H., M.H), wakil ketua (Ahmad Bisri, S.H.,M.H), para Hakim, Sekretaris, Panitera dan para Panmud. Setelah acara pemberian santunan, dilanjutkan dengan pembagian THR bagi seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Manna.

page 3

Acara demi acara telah terlewati dan tak terasa jam telah menujukan pukul 21.00 WIB. Alhamdulillah acara berbuka bersama berjalan dengan baik dan lancer. Semoga Pengadilan Agama Manna tetap bisa mengadakan acara serupa di bulan-bulan ramadhan yang akan datang. Kim {TIM IT}

DSCN0225

PA-MANNA.GO.ID – Kamis, (01/06/2017) Pukul 07.45 WIB Pengadilan Agama Manna Kelas II melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya pancasila yang bertempat di halaman Pengadilan Agama Manna. Pelaksanaan upacara ini sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 204/SEK/HM.01.2/5/2017 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. Hal ini juga sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

page4

Upacara memperingati hari lahir pancasila ini diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Manna. Pada upacara ini yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua PA Manna (Drs. H. Syazili, S.H., M.H) dan Gros Ocsan, S.H bertugas sebagai komandan upacara. Kemudian bertindak sebagai pembawa acara (Liza Puspanita, S.H.I) serta yang bertugas sebagai pembaca UUD 1945 (Bambang Sugiantoro).

page

Setelah inspektur upacara memasuki lapangan upacara. Komandan upacara memberikan hormat serta laporan upacara kepada inspektur upacara. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Sesudah itu inspektur upacara membacakan teks pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Selain itu Inspektur upacara juga membacakan Kepres Nomor 24 Tahun 2016 tentang hari lahir pancasila serta pembacaan sambutan Presiden Republik Indonesia (Ir. H. Joko Widodo).

page3

Dalam sambutan tersebut Presiden RI menegaskan Bahwa Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diganggu atau di ganti dengan ideologi apapun oleh siapapun. Beliau juga mengatakan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia ini merupakan sebuah anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga perlunya peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastur, bhiksu, pedanda serta semua elemen masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga, mengamalkan dan memahami pancasila sebagai dasar negara.

page2

Kemudian di akhir upacara ini dilakukan pembacaan doa yang disampaikan oleh M. Amin S.H.I (Panitera Pengganti). Acara peringatan hari lahir pancasila di Pengadilan Agama Manna berlangsung dengan sangat khidmat dan lancar. Kita semua berharap dengan diperingatinya hari lahir pancasila 1 Juni 2017 ini mengingatkan kita kembali untuk tetap menjadikan pancasila sebagai dasar Negara dan yang terpenting memahami dan mengamalkan pancasila tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (KIM)